About - Sitemap - Privacy policy - Contact -

11 Tanggapan untuk "3 Unsur Yang Dirugikan Oleh Pembajakan Musik"

  1. hem ternyata banyak yang dirugikan juga ia mas atas pembajakan music namun kebanyakan yang beredar ya musik bajakan.. mau gmna lg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, saya juga masih mendengarkan musik bajakan lho (No Recomended)

      Hapus
  2. Salah industri musiknya ga kreatif lihat pasar. Pembajakan sesuatu yg mustahil buat distop di era digital kaya sekarang. Dan musisi mah ya tugasnya bermusik bukan untuk bikin uang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. musisi juga manusia dan bukan cuma berkarya tapi juga berharap dapet uang dari bermusik ^_^

      Hapus
    2. Musisi cuma bermusik tanpa mencari uang? Awas dilemparin botol bekas sama para musisi bro hahaha :D

      Hapus
  3. kalau yang nggak bajakan mahal mas.

    BalasHapus
  4. Coba juga sih yg nggag bajakan itu bisa sesuai dengan kantong kita, pasti juga nggag ada acara pembajakan2. :)

    BalasHapus
  5. Setuju sob, para pencinta musik harusnya malu dengan membajak karya seorang musisi yang gak mudah untuk nyari duit di dunia bisnis musik,

    BalasHapus
  6. dulu satu minggu sebelum NOAH meluncurkan albumnya di internet sudah keluar bajakan lagunya, berarti saya juga ikut membajak ya...

    BalasHapus
  7. Sebenernya ada lagi yang dirugikan selain distributor, produser, dan si artis. Yaitu istri distributor, istri produser, dan istri si artis. Logikanya kalo suaminya jadi kere ya istrinya jadi ga bisa shopping-shopping lagi kan? :9

    Kalo bagi seniman/musisi idealis, mereka ga peduli karyanya dibajak. Karena mereka bermusik dengan hati. Pokoknya yang penting orang bisa tetap dengar karya mereka. Beda dengan musisi kapitalis yang murni cari duit, mereka kayaknya malah mengesampingkan kualitas karya-karyanya, yang mereka pikirkan cuma uang. Ini kenapa banyak musik sampah di Indonesia.

    Lagian dengan adanya pembajakan, kemungkinan karyanya diketahui dan didengar banyak orang lebih besar. Semakin banyak lagunya didengar banyak orang, semakin terkenallah dia.
    Semakin dia terkenal, semakin sering dia tur sana-sini.
    Dan lo tau uang masuk dari tur itu ga sedikit :9

    Banyak musisi yang gak keberatan karyanya dibajak karena alasan itu tadi, misalnya kayak Lady Gaga, Shakira, Norah Jones, dan si Om Neil Young, dan masih banyak lagi sih.

    "Piracy is the new radio"
    ~Neil Young,

    NB : Gue ga dukung pembajakan kok, cuma memaparkan pandangan dari sudut lain aja :3

    BalasHapus
  8. sebenarnya ada beberapa alternatif ndengerin musik yg ga bajakan tapi gratis
    1. nonton radio atau ndengerin tv
    2. menggunakan aplikasi/situs streaming yang bekerja sama dg musisi. misal musikpositif.com, khusus menampilakn musik positif atau religi/nasyid, sudah taken dengan banyak musisi religi yg kita kenal (Alm Uje, Opick, fatin, dll). atau jameendo (dan sejenisnya), lebih menampilkan lagu2 luar yang tidak saya kenal siapa mereka.

    BalasHapus